Senin, 08 Oktober 2012

virtual private server

virtual private server (VPS) atau disebut juga virtual dedicated server (VDS), atau virtual machine (VM) adalah sistem yang berjalan di bawah virtualisasi. Beberapa sistem pembuat virtualisasi (hypervisor) dikenal saat ini: VMWare, Xen, UML (khusus Linux), VZ/OpenVZ. Saat ini MWN menggunakan Xen, yang menyeimbangkan antara tingkat virtualisasi dan kecepatan.

VM yang berjalan di bawah virtualisasi disebut guest, sementara sistem yang menjalankan VM disebut host.

Guest bagi pemakainya akan terasa seperti sebuah mesin nyata/fisik tersendiri, memiliki harddisk, memori dedicated, dsb. Pemakainya juga dapat menjalankan OS/kernel berbeda dan memiliki akun root Unix tersendiri.

VPS memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk menginstall software apapun yang diinginkan serta mendapatkan berbagai fitur ekslusif seperti memiliki dedicated server, namun dengan harga yang terjangkau. Sebab setiap VPS memiliki sistem operasi sendiri, dan pengguna memiliki hak akses administrator (root) sepenuhnya (terpisah dari pengguna lain) pada sistem operasi tersebut dengan resource yang diinginkan.

Dengan VPS Anda bisa memonitor penggunan server dengan fasilitas untuk melakukan start, shutdown dan reboot, selain melihat informasi VPS, penggunaan resource (bandwidth, memori, proses) dan log.

VPS/VM dapat menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan server dedicated tapi dengan biaya yang lebih murah. VPS lebih murah daripada server dedicated fisik karena sebuah server dedicated fisik dapat dibagi-bagi menjadi beberapa VM sekaligus, masing-masing berjalan sendiri atau terpisah.

virtual private server

Tidak ada komentar:

Posting Komentar