Senin, 09 Juli 2012

ondel ondel mirip dengan kostum badut

ondel ondel mirip dengan kostum badut


ondel ondel mirip dengan kostum badut. Lihat saja banyak kemiripan dengan badut, keduanya sama-sama kostum yang dipakai orang dalam sebuah pertunjukan. Yang membedakan hanya bahan baku atau material kostum yang digunakan oleh ondel ondel dan badut. Ondel ondel adalah badut indonesia asli yang mempunyai historis tersendiri, konon pembuatan ondel ondel sejak zaman nenek moyang leluhur bangsa indonesia khususnya warga Betawi yang bertujuan untuk mengusir roh jahat (mahluk halus) adat dan kebiasaan ini berlangsung turun temurun hingga sekarang masih dijaga oleh masyarakat betawi namun ondel ondel sekarang digunakan rakyat betawi hanya sebagai pertunjukan atau pesta rakyat saja.

ondel ondel mirip dengan kostum badut


[caption id="attachment_424" align="alignnone" width="512" caption="ondel ondel mirip dengan kostum badut"]ondel ondel mirip dengan kostum badut[/caption]


ondel ondel mirip dengan kostum badut


Ondel ondel sanagat mirip dengan badut jika dilihat dari fungsi, peranan dan bentuknya. Sama sama dipentaskan dalam hiburan rakyat hanya saja bentuk ondel ondel belum bervariasi alias masih sederhana dengan bentuk karakter yang tidak jauh berbeda satu dengan lainnya. Perhatikan kepala ondel ondel menggunakan topeng dengan rambut terbuat dari ijuk, sementara badut juga menggunakan topeng dengan rambut wiggnya.



Masyarakat Jakarta, khususnya warga betawi sebagai penduduk asli Kota Jakarta patut berbangga dengan ondel-ondel ini sebagai warisan budaya yang sudah turun temurun. Jika badut bisa merambah pasaran dengan menjual seni dan keindahannya mengapa ondel ondel sebagai produk asli bangsa indonesia tidak dikomersilkan? bagaimana jika ondel ondel ini dikembangkan seperti badut yang laku di pasaran dalam mengisi dunia hiburan, bukankah ondel ondel sangat mirip dengan badut?









Ondel ondel sangat  mirip dengan <a href=
Ondel ondel sama dengan badut hanya beda bahan baku


ondel ondel mirip dengan kostum badut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar